• SMK NEGERI 1 KUNINGAN
  • SMK Bisa, SMK Hebat

STRATEGI DIGITALISASI SARPRAS MENUJU SEKOLAH MODERN

Oleh Dr. Arie Wibowo Khurniawan, S.Si, M.Ak

Sensus Penduduk Indonesia pada tahun 2020 mencatat bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z (Gen Z) dan generasi Milenial. Proporsi Gen Z sebanyak 27,94% dari total 270,2 juta populasi negeri ini. Sementara Milenial sebanyak 25,87% dari total populasi. Generasi paling sedikit yang tercatat adalah Pre-Boomer sebanyak 1,87%. Pre-Boomer merupakan penduduk yang lahir sebelum tahun 1945 yang perkiraan usianya 75 tahun ke atas.

sumber : https://databoks.katadata.co.id/

Zaman selalu berubah dan generasi selalu berganti tentu saja perubahan zaman dan generasi ini mendorong perubahan yang signifikan dalam penyediaan pendidikan. Selain itu kewajiban pengelola satuan pendidikan pula untuk menyiapkan generasi milenial menjadi angkatan kerja yang kompetitif dan produktif sepanjang era Industri 4.0. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola, untuk memastikan bahwa layanan pendidikan yang diberikan cocok bagi generasi milenial.

 

Lebih jauh dari itu, agar layanan pendidikan tepat sasaran dan tepat guna bagi generasi milenial sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman, maka pengelola satuan pendidikan dituntut untuk selalu memodernisasi kurikulum dan metode pembelajaran. Perubahan tersebut menuntut dukungan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan zamannya.

 

Setiap pengelola satuan pendidikan memiliki tanggung jawab untuk dapat menjaga keseimbangan antara Hardware Pendidikan (Sarana dan Prasarana) dan Software Pendidikan (Mindset Kepsek dan Guru, Kompetensi Guru, Kurikulum, Metode pembelajaran). Jadi jika ada seseorang yang menyatakan bahwa sarana dan prasarsana tidak lebih penting dari Software Pendidikan bahkan cenderung menyalahkan Hardware Pendidikan ini, maka penyataan tersebut adalah suatu pernytaan yang sangat tidak bijaksana. Karena Hardware pendidikan merupakan tools yang sangat penting dalam menjalankan Software pendidikan. Apabila Hardware Pendidikan ini ketinggalan zaman maka sebaik apapun Software Pendidikan yang akan diinstalasi diatasnya maka tetap saja satuan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik bahkan terlihat ketinggalan zaman dan usang.

Digitalisasi Sarana dan Prasarana dilakukan seiring dengan terjadinya revolusi industri yang terus berkembang mendorong perubahan pada teknologi digital. Perkembangan dunia digital sangat dinamis, tidak hanya “mempengaruhi”, bahkan “mengubah” gaya dan metode pembelajaran dan sulit dihindari sehingga bermuara pada tuntutan inovasi pendidikan.

Di era revolusi industri 4.0 ini dan ditambah lagi dengan adanya wabah COVID 19, teknologi secara cepat bergerak secara seketika menciptakan lingkungan belajar secara mendadak berubah secara global. Dimana teknologi ini menempatkan guru dan peserta didik di tengah proses pembelajaran yang sangat gamang dengan dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Munculnya new learning atau e-learning baru akibat revoluasi Industri 4.0 dan COVID 19 ini mengubah tipe pembelajaran menjadi sangat digital dan sangat terkait erat dengan pemanfaatan media digital sebagai sarana pendukung.

Digitalisasi Sarana dan Prasarana SMK merupakan semangat untuk berbenah diri agar tidak lepas dari bagian digitalisasi pendidikan. Digitalisasi Sarana dan Prasarana adalah sebuah inovasi sistem moderinasi hardware pendidikan yang merujuk pada transformasi atau perubahan tatanan sistem pendidikan ke arah digital melalui penggunaan teknologi sesuai dengan zamannya.

 

Digitalisasi sarana dan prasarana SMK ini sebagai sebuah inovasi modernisasi hardware pendidikan sangat diperlukan untuk:

  1. Mendukung peningkatan hasil belajar. Tren baru dalam pembelajaran saat ini sangat bergantung pada cara-cara baru mengatur sekolah dan penggunaan TIK melalui penggunaan sarana dan prasarana pendidikan yang tepat.
  2. Pendidikan yang sesuai zamannya masih dianggap sebagai sarana strategis untuk meningkatkan kesetaraan, dan inovasi membantu meningkatkan kesetaraan dalam akses pendidikan, juga kesetaraan dalam hasil pembelajaran.
  3. Merangsang penyediaan layanan (pendidikan) secara lebih efisien dan efektif dalam meminimalisir biaya dan memaksimalkan kekuatan serta peluang agar mampu seimbang dengan kecepatan perubahan modernisasi kurikulum dan metode pembelajaran.
  4. Pendidikan bagi generasi milenial harus tetap relevan dalam menghadapi perubahan cepat pada masyarakat dan perekonomian baik lokal, regional maupun global.

 

Oleh karena itu, demi menjaga dan meningkatkan kondusifitas pelaksanaan new learning era revolusi Industri 4.0 dan COVID 19, Direktorat SMK menginisiasi sebuah program mandiri yaitu “DIGITALISASI SARPRAS SMK”. Harapannya adalah agar SMK sebagai pengelola satuan pendidikan kejuruan mampu merevitalisasi hardware pendidikan untuk mendukung kesuksesan proses belajar mengajar di SMK secara mandiri, bahkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan mutu pendidikan kejuruan secara keseluruhan.

 

Lalu bagaimana caranya ??? Silahkan simak dan pelajari buku pada link : http://s.id/digi-sarpras

(AWK1980)

 

sumber : http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4806/strategi-digitalisasi-sarpras-menuju-sekolah-modern

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Menciptakan Sekolah Hijau di Masa Pandemi

Sekolah, sebagai tempat belajar, tidak saja perlu mendukung berlangsungnya proses belajar dan mengajar yang baik, namun juga diharapkan memiliki lingkungan bersih dan sehat serta mampu

09/02/2021 13:05 - Oleh Administrator - Dilihat 38 kali
DICARI 5000 ANAK MUDA JAWA BARAT YANG MAU BELA NEGARA DENGAN MENJADI PETANI 4.0

Dari pada nganggur dan banyak rebahan melamun karena covid, mending gabung aja.Tanah subur masing-masing dipinjamkan 2000 m2 dari pemprov. Modal dari @bankbjb dan hasil langsu

29/01/2021 15:40 - Oleh Administrator - Dilihat 40 kali
Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020

Besok, Selasa 10 November 2020 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan Nasional diperingati tiap tanggal ini untuk mengenang jasa para pahlawan dalam mempertahan

09/11/2020 23:59 - Oleh Administrator - Dilihat 231 kali
SMKN 1 Kuningan Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi (GBBSI) tingkat SLTA se-Jawa Barat

Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi (GBBSI) tingkat SLTA se-Jawa Barat dalam Rangka Memperingati Bulan Bahasa tahun 2020 oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univ

09/11/2020 23:45 - Oleh Administrator - Dilihat 134 kali
Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020

Muhammad Azriel Azhar Tsary dari Provinsi Jawa Barat, mewakili SMKN 1 Kuningan, Kabupaten Kuningan, Cabang olahraga Pencak Silat. Siap Berprestasi mengikuti ajang kompetisi Olahrag

03/11/2020 11:54 - Oleh Administrator - Dilihat 179 kali
Kompetisi Olahraga Siswa Nasional

SMK Bisa, SMK Hebat,    Terimaksih

03/11/2020 11:50 - Oleh Administrator - Dilihat 142 kali
SMKN 1 Kuningan Raih Lomba Juara 3 Bidang Musikalisasi Puisi

Lomba Musikalisasi Puisi kategori SMA dan Mahasiswa, acara Week Of Literature 2, dengan tema "Memgenang Karya Sapardi Djoko Damono" oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris, Universitas B

02/11/2020 08:50 - Oleh Administrator - Dilihat 113 kali
Sumpah Pemuda

SMK Berkarya untuk Negeri, 

27/10/2020 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 95 kali
Wilujeng Milangkala Kuningan nu ka 522

Semoga Kuningan tetap ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) 

02/09/2020 06:16 - Oleh Administrator - Dilihat 237 kali
Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat

Tuntutan tentang peningkatan kualitas lulusan pendidikan vokasi terus berkembang seiring perkembangan dunia industry, apalagi sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan dan pr

12/08/2020 10:12 - Oleh Administrator - Dilihat 313 kali