www.m-edukasi.web.id blog guru
49512 Total Hits Halaman
18227 Total Pengunjung
19 Hits Hari Ini
7 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Siswa SMK Nantinya akan Lebih Banyak Praktik Industri

Diposting pada: 2017-11-20, oleh : Admin ICT SMKN 1 Kuningan, Kategori: Tanpa Kategori

Pendidikan SMK kembali menjadi perbincangan. Staf ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta  menyatakan bahwa ke depan, siswa SMK harus lebih banyak berada di industri ketimbang di sekolah.

        Kalau selama pendidikan di SMK menganut proporsi 60 persen  teori 40 persen praktik, maka ke depan  posisinya harus dibalik, yakni 40 persen teori dan 60 persen praktik. Artinya, para siswa nantinya akan lebih banyak berada di dunia industri ketimbang berada di sekolah.

        Demikian pula, para guru akan lebih banyak menyertakan para praktisi dunia industri. Para praktisi yang sudah pensiun dari dunia kerja misalnya, bisa menjadi tenaga pengajar di SMK. Langkah Kemdikbud tersebut merupakan bagian dari rencana pembenahan besar-besaran di bidang pendidikan SMK.

Kemdikbud, sebagaimana dikatakan Ananto, akan melakukan penataan terhadap SMK yang ada di tanah air. Sebagaimana diketahui, di Indonesia terdapat sekitar 13.650 SMK. Namun dari jumlah tersebut, hanya 30 persen SMK yang merupakan milik pemerintah dan sisanya milik swasta. Banyak SMK yang  swasta yang kecil-kecil yang perlu penataan oleh pemerintah.

Sesuai dengan rencana tersebut, maka Kemdikbud berharap agar SMK tidak membuat laboratorium yang terlalu canggih. Selain karena tidak semua guru tidak paham cara pengoperasian alatnya, anak-anak nantinya akan diarahkan lebih banyak ke dunia industri. Sebab dengan terjun langsung di dunia industri, hal itu akan memacu siswa lebih matang, karena akan bersinergi langsung dengan dunia kerja yang sesungguhnya.

Sumber : https://joglosemar.co/2016/10/siswa-smk-nantinya-lebih-banyak-praktik-industri.html


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id